Sketsa Kota

merupakan kumpulan koleksi gambar dan sketsa dari Komunitas Sketsa Banjar

Berang-berang Khas Kalimantan tidak membuat Bendungan seperti yang kita bayangkan. Mereka membuat lubang lubang di tepian sungai ataupun rawa untuk bersarang. 
Istilah Hewan Berang-berang  dalam bahasa inggris merujuk ke dua nama yaitu “Otter”  dan “Beaver” 
Otter adalah hewan Mamalia yang memiliki ordo Karnivora, sedangkan Beaver adalah mamalia yang memiliki ordo Rodentia (pengerat), jadi keduanya memiliki kekerabatan yang sangat jauh.
 
Berang berang yang kadang ditemui di sungai Kota Banjarmasin memiliki spesies #lutrasumatrana dan #aonyxcinerea. 
Berang-berang dapat disebut sebagai Mamalia “hybrid” masa depan jika ditinjau dari karakteristik habitat mereka yang amphibious, Sebuah Konsep habitat yang menuntut adaptasi lingkungan yang luar biasa.

 

sketsa oleh J.C. Heldiansyah

Dari ruang sekitar jamban ini hadir sebuah interaksi sosial khas Banjar: Bapender (ngobrol) , Bagaya (bermain&bercanda) , hingga Bahapakan (saling membully tetapi bercanda). Sebuah Ruang (space) dengan Aktivitas Interaksi Sosial Didalamnya cenderung menghasilkan Ruang yang memiliki makna yang disebut place. Konsep place inilah yang cenderung mengikat pelaku untuk tetap berada di ruang tersebut, bahkan menikmatinya, bahkan tanpa sadar “mencintai” ruang tersebut.

 

sketsa oleh J.C. Heldiansyah

Garasi SpeedBoat. Speed boat sendiri biasanya bermesin tempel yang memiliki tenaga hingga 15 s/d 60 Tenaga kuda. gelombang Air yang dihasilkan sebuah speedboat mampu membuat sampan/jukung kecil terbalik, oleh karena itu jika Speedboat berpapasan dengan kapal lain dia cenderung melambat, untuk menghargai sesama pengguna sungai lainnya

 

sketsa oleh J.C. Heldiansyah

Inilah Kampung Kuin, di tempat inilah Kesultanan Banjar pernah berdiri, dan otomatis dari Kampung inilah Kota Banjarmasin bermula. 
Berawal dari hubungan diplomatik antara Kesultanan Banjar dengan Kesultanan Demak menjadikan daerah ini (dahulu) pionir penyebaran Islam di Kalimantan, hal ini ditandai dengan adanya Masjid Sultan Suriansyah yang didirikan tahun 1525 M (493 tahun). Kini, dibalik peran besarnya dalam sejarah, Kampung Kuin menjadi Kampung yang sederhana, bersahaja, dan religius dengan kehidupan budaya yang masih kental budaya masa lalu, Budaya Sungai.

 

sketsa oleh J.C. Heldiansyah

Wadai (Kue) Banjar. 
Dalam tradisi masyarakat Banjar adanya Saruan (Undangan)  Pernikahan biasanya terdapat hidangan Wadai wadai Khas Banjar. 
Kelompok Kue yang menjadi hidangan khas Saruan disebut Wadai Empat Satu, disebut demikian karena jumlahnya yang terdiri atas 41 jenis wadai. 
Bahan baku wadai khas Banjar yang umum yaitu Tepung Beras, Ketan, Kelapa, Pandan dan gula aren. Latar Belakang Topografi dan Karakter Pesisir Sungai membentuk kekhasan jenis wadai-wadai ini.

 

sketsa oleh J.C. Heldiansyah